- Menetapkan goal Pendidikan IPB 4.0 yang diharapkan mampu berkiprah signifikan dan relevan dengan kebutuhan pada tahun 2030. Proses ini dilakukan dengan berbagai pendekatan, antara lain design thinking approach, integrasi values IPB dengan kebutuhan Reskilling Future Work 2030, karakteristik VUCA World, cara belajar dan atmosphere pembelajaran para ‘tomorrow people” dengan ciri utamanya adalah savvy technology.
- Memetakan kurikulum berjalan dengan model OBE (Outcome Based Education) yang dipakai sebagai model analogis dalam proses reorientasi kurikulum menjadi Struktur K-2020 Multistrata. Model OBE ini mampu mengakomodir kebutuhan Future Skills Set abad 21 melalui pembelajaran tinggi.
- Merancang dan menetapkan Profil Pendidikan IPB 4.0 diturunkan dari hasil mapping (lihat tahap 2) serta mengakomodir karakteristik “Pembelajar Tangguh dan Lincah – powerful agile learner”, dengan tiga Learning Goals (LG).
- Memasukkan dan meramu atribut-atribut reskilling future work 2030 plus strong values pendidikan IPB yang hendak dikonstruksi kedalam struktur rancangan K-2020 Multistrata, dengan basis berfikir “Success By Design” mengandung makna bahwa rancangan K-2020 Multistrata memberi ruang secara luwes kepada peserta didik untuk mampu merancang suksesnya sendiri – selaras dengan MBKM.
- Memformulasi komponen struktur K-2020 Multistrata per tahun dengan sebaran persentase sks (untuk program sarjana), sedangkan untuk program pascasarjana persentase sebaran sks (satuan kredit semester) ditetapkan oleh masing-masing program studi dengan penyelarasan, sesuai kebijakan dan ketentuan Sekolah Pasca Sarjana, IPB University.
- Komponen Kurikulum 2020 Multistrata Program Sarjana dan Sarjana Terapan IPB University sebagai berikut:
- Tahun-1, Common Core Courses/PKU menjadi dasar pembentukan 4C’s dan Character Qualities (merupakan dasar pembentukan kecakapan 4C’s – Critical & Complex Problem Solving, Creative Thinking, Collaboration, dan Communication)
- Tahun-2, Foundational Literacies dan Academic Core Courses
- Tahun-3, In-depth Study Program Courses
- Tahun-4, Final Year Project, Capstone, KKN-T, Magang
- Tahun-1 s/d 8, Enrichment Courses/Program, diambil dari luar program studi nya, dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran (Merdeka Belajar).
- Komponen Kurikulum 2020 Multistrata Program Pasca Sarjana IPB University sebagai berikut:
- Wajib Pasca/Common Courses Pasca
- Foundational Courses, Academic Core Courses, In-depth study program Courses
- Final Year’s Thesis, Disertation, Research Project