1. Home
  2. Docs
  3. Tata Tertib Penyelenggaran Akademik Multistrata
  4. Kurikulum Multistrata (K2020)
  5. Sasaran, Tujuan dan Karakter K2020

Sasaran, Tujuan dan Karakter K2020

Sasaran Pendidikan IPB 4.0 ialah menghasilkan pembelajar lincah dan tangguh (powerful agile learner) yang dicirikan dengan dikuasainya pola pikir masa depan (future-ready mindset) dan gugus keterampilan (skill set) abad 21, yang terdiri atas:

  1. Literasi dasar (foundational literacies), yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, serta literasi budaya dan kewarganegaraan, yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.
  2. Kompetensi untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah yang kompleks, yaitu berpikir kritis (critical thinking and complex problem solving), kreativitas (creativity), komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration) yang dikenal dengan 4Cs.
  3. Kualitas karakter (character qualities) dalam menghadapi lingkungan yang berubah cepat, seperti keingintahuan (curiosity), inisiatif, kegigihan (persistence), kemampuan beradaptasi (adaptability), kepemimpinan, serta kesadaran sosial dan budaya.

Gambar 1. Komponen Kurikulum Pendidikan Program Sarjana IPB (K-2020 Multistrata)

Kompetensi dan karakter yang dikonstruksi dalam rancangan di PKU merupakan dasar pembentukan kecakapan 4Cs yang selanjutnya akan diperkuat pada pembelajaran di tingkat program studi (lihat Gambar 1). Pembelajaran pada PKU dirancang untuk merangsang dan melatih pola pikir mahasiswa dan dosen sehingga:

  1. memiliki sudut pandang yang luas terhadap setiap persoalan,
  2. lebih kritis sehingga tidak mudah terjebak dengan berita yang tidak benar (hoax),
  3. lebih kreatif dalam melihat hubungan antara ilmu,  
  4. memiliki keterampilan yang baik dan wawasan luas terhadap berbagai macam konsep,
  5. melaksanakan kegiatan dengan lebih memikat, pembelajaran tentang masa depan, dan penuh mimpi.
Sasaran:1. Memperluas horizon berpikir untuk menjadi pembelajar lincah (agile learner).
2. Memotivasi minat belajar sepanjang hayat untuk menjadi pembelajar tangguh.
3. Memperkuat keinginan to be the best (memiliki ambisi).
4. Memperkuat karakter nasional (Indonesia).
Tujuan:1. Menyediakan pendidikan dan pengetahuan lintas dan melampaui disiplin akademik.
2. Menanamkan pengetahuan tentang pencapaian manusia.Menyulut percikan minat, semangat, dan keinginan untuk terus belajar.
3. Membekalkan pengetahuan dan keterampilan analisis dalam pemecahan masalah, berpikir komputasional (computational thinking), dan komunikasi (communication).
4. Membekalkan ilustrasi, contoh, dan pengetahuan yang berkaitan dengan keinginan untuk maju dan keinginan untuk menjadi yang terbaik.
5. Membangun karakter sebagai insan penuh kasih sayang, respek dan bertanggung jawab dengan standar etika yang berlaku nasional juga internasional serta mampu berkontribusi kepada masyarakat.
Karakter:1. Berpikir kritis dalam pemecahan masalah kompleks (critical thinking in complex problem solving).
2. Kreatif dan komunikatif (creative and communicative).
3. Kolaboratif dan bekerja sama (collaborative and team working).
4. Berwawasan kebangsaan.